Assalamu'alaikum.... Selamat datang...

Sabtu, 05 Oktober 2013

Liputan Jogja Parenting Club

Catatan ini saya buat setelah mendapat kesempatan belajar bareng Bunda Wening, seorang konselor, trainer, dan penulis buku-buku parenting yang berdomisili di Kota Yogyakarta. Beruntung sekali rasanya saya bisa ikut bergabung dengan beliau, karena ilmu-ilmu parenting yang beliau berikan sangat berguna dan berharga untuk bisa diterapkan dalam mengasuh keempat anak saya yang super duper atraktif. Meskipun dulu saya sudah cukup sering membaca ataupun ikut seminar dengan tema sejenis, namun rasanya tidak ada bosan-bosannya saya mengikuti parenting, karena selalu ada yang baru dan berbeda dengan yang telah saya dapatkan sebelumnya.

Ada yang istimewa dari kegiatan yang diberi judul "Jogja Parenting Club" ini. Biasanya, acara-acara parenting, baik yang diselenggarakan oleh institusi atau lembaga tertentu hanya dilaksanakan secara insidentil. Dalam satu institusi, biasanya mengadakan parenting antara 2 - 3 kali dalam satu tahun. bahkan ada yang hanya menyelenggarakan satu kali, ada pula (dan ini yang dominan) yang tidak menyelenggarakan kegiatan ini sama sekali. Jika kegiatan parenting diadakan oleh sekolah (institusi), seringkali dilaksanakan secara internal, khusus untuk walimurid sekolah yang bersangkutan. Namun, kali ini Parenting Club yang diselenggarakan oleh Bidang Sosial Pendidikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Nasyi'atul Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta ini diselenggarakan secara berkesinambungan selama satu tahun dan dibuka untuk umum dengan tema yang berbeda-beda di setiap pertemuannya. Keren, ya...

Dengan mengusung grand tema "Menjadi Orangtua Cerdas, yuk!" Parenting Club ini telah dimulai sejak Hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2013 bertempat di Aula Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jl. KHA Dahlan Yogyakarta. Tema pertama yang dibahas adalah "Mengenal Diri dan Anak". Peserta yang hadir pun cukup banyak. Ada ibu-ibu beserta momongannya, ada juga para calon ibu dan sebagian juga berlatar belakang guru PAUD dari Jogja dan sekitarnya. Acara yang dimulai entah jam berapa (berhubung saya datangnya telat sekitar pukul 14.15 WIB) dan diakhiri sekitar pukul 15.45 WIB ini, terasa begitu singkat karena Bunda Wening menyampaikan materi dengan gayanya yang gaul dan asik banget. Khas banget dan joke-joke segarnya mampu mengeliminasi rasa capek dari perjalanan panjang sejak Kulon Progo hingga Jogja yang jarak tempuhnya sekitar 40 km dalam cuaca yang cukup terik. Hehe... Demi bisa berguru kepada seorang Bunda Wening, perjalanan itu tidaklah rugi untuk ditempuh.

Parenting edisi kedua, dengan tema "Menumbuhkan Karakter Positif Anak" dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 14 September 2013, mengambil tempat di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jl. Gedong Kuning 130 B Yogyakarta, tepatnya sebelah utara Gedung Erlangga. Cukup mudah dicari bagi yang suka muter-muter Jogja. Dan berikut ini jadwal parenting edisi berikutnya yang siapa tahu ada yang pengen ikut gabung dengan kita-kita di sana:

Seri 3. Sabtu, 12 Oktober 2013 Tema: Ancaman dan Penanganan Pornografi pada Anak (karena satu dan lain hal, jadwalnya digeser ke Sabtu, 26 Oktober 2013)
Seri 4. Sabtu, 09 November 2013 Tema: Marah yang Bijak
Seri 5. Sabtu, 14 Desember 2013 Tema: Komunikasi Efektif dengan Anak
Seri 6. Sabtu, 11 Januari 2014 Tema: Hypnoparenting
Seri 7. Sabtu, 15 Februari 2014 Tema: Modifikasi Perilaku Anak
Seri 8. Sabtu, 15 Maret 2014 Tema: Motivasi Belajar Anak
Seri 9. Sabtu, 12 April 2014 Tema: Anak Mandiri Orangtua Happy
Seri 10. Sabtu, 10 Mei 2014 Tema: menyikapi Konflik dengan Pasangan
Seri 11. Sabtu, 14 Juni 2014 Tema: Menjadi Ayah yang Asyik!
Seri 12. Sabtu, 16 Agustus 2014 Tema: Menjadi Ayah dan Bunda yang Kompak Mendidik Anak

Itulah rangkaian tema pembahasan dalam Parenting Club yang biayanya hanya Rp 25.000,-/orang atau Rp 40.000,-/pasangan untuk umum dan Rp 15.000,- untuk AMM per pertemuan. Tarif yang amat sangat terjangkau, dengan fasilitas: blocknote, makalah, snack, sertifikat, dan educare anak. Bahkan, boleh dibilang sangat murah. Karena bagi yang punya anak balita pun, tak perlu khawatir dan tak usah ragu-ragu untuk menimba ilmu parenting bersama Jogja Parenting Club ini. Ketinggalan satu dua tema, bisa setting waktu di tema berikutnya. Dibikin enak aja, deh... hehe...

Bagi yang ingin ikutan acara ini, bisa menghubungi kontak person berikut:
Mbak Evi: 0817 548 3035 / 0274 744 6841

Mungkin sebagian pembaca mengira, jika saya menulis ini semua karena saya adalah bagian dari panitia demi menyukseskan acara tersebut. Ketahuilah, bahwa itu tidak benar. Saya benar-benar orang luar yang tidak terlibat dalam penyelenggaraan acara tersebut. Namun, sebagai orangtua dari 4 orang anak, saya merasakan betapa mendidik anak-anak di jaman ini tidaklah mudah. Betapa berat dan besarnya godaan bagi kita dan anak-anak kita dalam menjalani hidup di era millenium ini. Mungkin karena sudah semakin dekatnya dengan akhir zaman, sehingga kita butuh banyak teman yang sepemikiran untuk mendidik dan mengasuh anak-anak kita. Untuk menjaga ghiroh, semangat, dan juga keistiqomahan alias konsistensi. Bahkan ada istilah "butuh orang sekampung untuk mendidik seorang anak". Tidaklah berlebihan istilah itu, karena bagi kita yang menyadari akan betapa besarnya pengaruh lingkungan dalam mewarnai pola pikir dan pola sikap seorang anak, maka akan sangat wajar jika merasa khawatir untuk melepaskan anak-anak kita secara bebas bergaul di lingkungan yang tidak bersahabat dengannya.

Dengan adanya acara-acara Parenting semacam ini, kita semua berharap, akan semakin tercerahkannya kita dan orang-orang di sekitar kita terhadap tata cara mengasuh dan mendidik anak yang sesuai dengan fitrahnya, sehingga akan semakin menguatkan tekad kita sebagai orangtua, untuk memperbaiki kesalahan pola asuh yang pernah kita lakukan dan menata kembali pengasuhan anak ke depannya. Semoga semuanya belum terlambat, karena manusia dinilai berdasarkan usaha dan upayanya. Sedangkan hasil, semuanya adalah hak prerogatif Allah subhanahu wa taa'la akan dijadikan seperti apa generasi penerus kita. Setidaknya, ketika pada hari pertanggungjawaban kita telah tiba, ketika rapot kita dibukakan, ada amalan dan upaya yang telah tertulis di sana, bahwa kita tidak berpangku tangan dalam menjaga titipan-Nya, yaitu anak-anak kita.

Kepada para ayah / bunda yang kebetulan berdomisili di Jogja dan sekitarnya, melalui media ini saya mengajak anda semua, yuk.... kita belajar sama-sama... Tidak ada kata terlambat untuk sebuah kebaikan. Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf jika terdapat salah-salah kata. Sampai ketemu di Jogja parenting Club, ya..... :)

2 komentar:

jujuk indah mengatakan...

subhanallah,mksh banyak njeh,,mga Allah membls kebaikan ibu..jika tu seri 6 dan selanjutnya parenting club hubungi jujuk 085729930598

ummu nadifa mengatakan...

Sama-sama, Mbak Jujuk... Maaf baru termoderasi. Lama ndak buka blog, nih... :)

.